Kepulauan seribu? Apakah nama seribu diambil dari jumlah pulaunya?




Kepulauan Seribu  merupakan, sebuah kabupaten administrasi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, yang wilayahnya meliputi beberapa gugusan- gugusan pulau kecil di Teluk Jakarta. Kepulauan Seribu  terdiri dari 342 pulau kecil. Namun, tidak semua pulau yang terletak di Kepulauan Seribu tersebut dihuni oleh manusia. Hanya 11 pulau yang didiami oleh manusia dengan 3 diantaranya menjadi pulau yang terbanyak dihuni oleh manusia adalah Pulau Panggang, Pulau Kelapa, serta Pulau Pramuka yang menjadi pusat pemerintahan dari Kepulauan Seribu.
Kepulauan Seribu ditetapkan menjadi Taman Nasional Laut dengan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 162/Kpts-II/1995 dan No. 6310/Kpts-II/2002 yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Departemen Kehutanan. Luas wilayah 107.489 hektare dengan sekitar 44 buah pulau termasuk ke dalam taman nasional. Pulau-pulau yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan tempat ideal untuk snorkelingberenang, atau menyelam.
Taukah kamu?!
Beberapa pulau di kepulauan seribu ini merupakan ikon wisata di Kepulaun Seribu serta kota Jakarta itu sendiri.
Beberapa pulau tersebut yaitu:



1. Pulau Tidung




Di Pulau Tidung ini, kamu dapat menikmati beningnya air laut serta pemandangan indah dari Pulau tidung. Pulau Tidung terbagi menjadi 2 yakni Pulau Tidung kecil dan besar.Pulau ini memiliki ciri khas jembatan yang membentang dengan panjang 700 meter yang menghubungkan antar dua pulau yang masih dalam satu gugusan terumbu karang tersebut . untuk menuju ke pulau ini memakan waktu 2 Jam 30 Menit dengan mengunakan  kapal fery dermaga Muara angke atau jika ingin lebih cepat hanya 1 Jam perjalan bisa mengunakan Kapal speedboat  dari marina ancol kota Jakarta.


    2. Pulau Harapan







Pulau Harapan adalah sebuah Pulau dengan spot snorkeling yg paling eksotis di Kepulauan Seribu. Pulau ini adalah  salah satu pulau yang memang kamu harapkan. Pulau ini menyediakan beberapa panorama alam baik keindahan pulau dengan pasirnya yang putih serta panorama bawah lautnya yang sangat mengagumkan. Selain itu, di Pulau Harapan juga terdapat burung yang langka yakni Elang Bondol yang masih bisa kamu temui di Pulau ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pantai Tanjung Lesung, Keindahannya Ngga Kalah Dengan Bali!